Info Terbaru 2022

Perbedaan Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif Dalam Penelitian Pengajaran Bahasa Asing

Perbedaan Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif Dalam Penelitian
Pengajaran Bahasa Asing
Perbedaan Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif Dalam Penelitian
Pengajaran Bahasa Asing

Perbedaan Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif Dalam Penelitian Pengajaran Bahasa Asing




Halo sahabat IBI…


Penelitian ialah sebuah cara seseorang mengobservasi atau mengamati sesuatu dan dilaporkan dengan laporan penelitian.


Pada kesempatan kali ini IBI akan membahas perihal perbedaan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dalam penelitian pengajaran bahasa asing. Langsug saja kita simak penjelasannya briikut ini.




Perbedaan Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif Dalam Penelitian Pengajaran Bahasa Asing Perbedaan Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif Dalam Penelitian Pengajaran Bahasa Asing
Perbedaan Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif Dalam Penelitian Pengajaran Bahasa Asing

Didalam buku Metode Penelitian Untuk Pengajaran Bahasa Asing (Ag. Bambang Setiyadi) terdapat beberapa perbedaan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dalam penelitian pengajaran bahasa asing, antara lain adalah:




  • a. Cara pengumpulan data




Kualitatif : Data dikumpulkan secara alamiah baik memakai teknik observasi, wawancara, atau cara-cara lain. Penelitian menghindari cara-cara pengkondisian situasi uuntuk mengharapkan suatu data.


Kuantitatif : Peneliitian ini peneliti mengkondisikan situasi dengan cara menunjukkan alat pengumpul data ibarat tes atau kuesioner yang sudah disiapkan untuk mengukur aspek-aspek kebahasaan yang diperlukan oleh peneliti.




  • b. Analisa data




Kualitatif : Menggunakan logikalogikka berpikir kritisdaan kreatif yang sifatnya eksklusif sehingga hasil analisanya merupakan kesimpulan subyektif dari peneliti.


Kuantitatif : Menggunakan alat analisa yang standar anatara peneliti yang satu dengan yang lainnya sehingga untuk menganalisa data yang sama peneliti yang berbeda cendrung memakai alat analisa daata atau tes yang sama. Dalam penelitian kuantitatif sudah tesedia alat atau tes  yang standar untuk menganalisaa data, seperti: T-test, ANOVA, Chi-Square, dll.




  • c. Tujuan Penelitian




Kualitatif : Bertujuaan untuk menemukan suatuu keteraturan yang terjadi  di dalam ssuubjek penelitiannya. keteraturan tersebut disimpulkan dari kkesimpuulan lain yang diamati ditarik kesimpulan untuk dijadikan teori.


Kuantitatif : Bertujuan untuk menguji suatu teori yang sudah ada dan dalam penelitiannya seorang peneliti mencari data untuk  mendukung atau menolak teori tersebut.




  • d. Orientasi Penelitian




Kualitatif : Menekankan pada proses yang terjadi  dari subjek penelitiannya.


Kuantitatif : Menekankan pada hasil belajar.






  • e. Sifat Temuan




Kualitatif : berlaku untuk masalah yang diteliti.


Kuantitatif :dapat digeneralisasikan pada populasi sampel dan populasi asal subjek.




  • f. Sudut pandang duduk kasus :




Kualitatif : peneliti memaknai data atau melihat suatu permasalahan dari kacamata subjek penelitian dengan memakai bahasa dan logika sobjek penelitiannya.


Kuantitatif :mendeskripsikan subjek penelitiannya dengan memakai bahasa dan pola pikir peneliti.




  • g. Replikasi




Kualitatif :hasil penelitianya hanya berlaku untuk subjek penelitiannya dengan waktu dan kondisi dikala itu.


Kuantitatif : waktu tidak menghalangi peneliti untuk meelaksanakan ulang penelitiannya.




  • h.  Sifat Penelitian




Kualitatif : ekspansionis atau selalu mencari jawab dari permasalahan yang terjadi dan terus mencari tahu kekerabatan yang satu dan lainnya.


Kuantitatif : pengkhususan pada penelitiannya.




  • i. Desain penelitian




Kualitatif : sanggup mengubah-ubat desain penelitiannya.


Kuantitatif : desain penelitian tetap.




Demikian yang sanggup IBI sampaikan agar apa yang sudah disampaikan sanggup bermanfaat dan sanggup menambah pengetahuan sahabat IBI semua.


-Salam Semangat IBI-


Baca juga artikel IBI lainnya di:



Advertisement

Iklan Sidebar

Adsense 728x90