Info Terbaru 2022

Metode Mengajar Bahasa Inggris : Pembahasan Lengkap Perihal Alm ( Audio Lingual Method)

Metode Mengajar Bahasa Inggris : Pembahasan Lengkap Perihal Alm ( Audio
Lingual Method)
Metode Mengajar Bahasa Inggris : Pembahasan Lengkap Perihal Alm ( Audio
Lingual Method)

Metode Mengajar Bahasa Inggris : Pembahasan Lengkap Tentang ALM ( Audio Lingual Method)


Dalam aktivitas berguru mengajar disekolah khususnya kelas yaitu antara guru dan murid haru Metode Mengajar Bahasa Inggris : Pembahasan Lengkap Tentang ALM ( Audio Lingual Method)
Pembahasan Lengkap Tentang ALM ( Audio Lingual Method)

Dalam aktivitas berguru mengajar disekolah khususnya kelas yaitu antara guru dan murid harus memakai sebuah metode dalam memberikan pelajaran. Dalam mengajar guru harus memakai metode pengajaran yang sempurna biar Objective ( Tujuan) mengajar atau Gol sanggup tercapai. Dari beberapa metode pengajaran bahasa asing  salah satunya yakni Audio Lingual Method (ALM), Pada kesempatan kali ini IBI akan membahas ihwal methode ini Audio Lingual Method (ALM), mari kita simak.




Apa yang dimaksud dengan ALM?


Yang dimaksud dengan ALM ( Audio Lingual Method) yakni metode pengajaran yang menekankan pengajaran bahasa asing mendengarkan dan berbicara sebelum membaca dan menulis. Menggunakan dialog sebagai bentuk utama bahasa presentasi dan latihan sebagai teknik pelatihan utama, bahasa ibu( bahasa pertama yang diperoleh) didalam kelas. Audio-lingual metode ini dikembangkan di U.S.during perang dunia kedua. Pada waktu itu, U.S.government merasa kebutuhan besar untuk mengatur program pelatihan bahasa khusus untuk memasok perang dengan bahasa personil. Oleh alasannya yakni itu, pemerintah menugaskan Universitas Amerika untuk mengembangkan program bahasa asing untuk personil militer.



Dengan demikian pasukan khusus Program pelatihan (ASTP) yang didirikan pada 1942.The tujuan dari program Angkatan Darat adalah bagi siswa untuk mencapai kemampuan percakapan dalam berbagai bahasa asing. Metode yang digunakan dikenal sebagai “metode informan”, karena digunakan penutur bahasa, informan dan seorang ahli bahasa. Informan disajikan sebagai sumber bahasa untuk meniru, dan ahli diawasi pengalaman belajar. Sistem intensif yang diadopsi oleh tentara mencapai hasil yang sangat baik.






Asumsi ALM ( Audio Lingual Method )



  • Bahasa yakni ucapan-ucapan yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari.


Dengan adanya pernyataan tersebut, sanggup kita lihat bahwa metode ini lebih menekankan kepada apek berbicara. Memang benar, alasannya yakni sejatinya, Metode Audiolingual mempunyai anggapan bahwa grammar, dan kosakata merupakan sekumpulan teori yang sukses apabila diterapkan secarlangsung melalui berbicara. Jadi, siswa tidak akan menguasai grammar jikalau hanya menghafal namun harus action.



  • Listening dan speaking tiba dahulu, kemudian diikuti oleh reading dan writing.


Proses ini terinspirasi dari kehidupan masa kecil kita sendiri. Ketika kecil, Anda memperoleh bahasa melalui mendengarkan dahulu bukan? Sampai ketika ini saya belum menemukan satupun bayi yang eksklusif menulis, membaca atau berbicara tanpa mendengar terlebih dahulu.Kemudian, sehabis mendengar ayah dan ibu kita berbicara, maka kita mulai berceloteh bertahap menyerupai “mama, papa, kakak, dst”



  • Setiap pengguna bahasa diarahkan untuk berbicara dalam cara yang berbeda-beda. 


seorang siswa akan tidak akan dipaksa untuk menghafalkan suatu konsep dan bagimana menggunakannya secara berulang-ulang. Mereka akan diajarkan bagaimana memakai bahasa secara natural dan alami tentunya dengan konsep yang berbeda-beda.




Tujuan memakai ALM ( Audio Lingual Method)



  • Untuk menciptakan siswa bisa memakai bahasa sasaran secara komunikatif dan otomatis tanpa berhenti untuk berpikir.

  • Untuk membantu siswa memproleh pola sruktural kalimat atau bahasa.

  • Siswa sanggup memahami bahasa aneh dengan baik pada ketika berbicara dan bisa lebih tanggap dengan hal-hal yang terjadi di sekitar pembicaraannya.

  • Siswa sanggup berbicara bahasa aneh dengan pelafalan dan pengucapan yang benar sesuai dengan tata bahasa yang tepat.

  • Siswa tidak mendapati kesulitan dan bisa memahami materi cetak.

  • Siswa sanggup menulis sesuai dengan standar yang benar.




Variasi drills


Yang dipakai dalam Audio Lingual Method adalah


sebagai berikut:



  • Repetation.


Siswa mengulangi sekeras(suara) mungkin apa yang ia dengar.



  • Inflection


Satu kata akan muncul dari pengulangan.



  • Replacement


Satu kata akan terganti oleh kata lain.



  • Restatement


Siswa akan mengganti kata orang kedalam orang lain, menurut instruksi.



  • Completion.


Siswa akan mendengar ungkapan yang lengkap kecuali satu kata, dan kemudin mereka akan mengulang dengan bentuk yang lengkap.



  • Transportation.


Perubahan word order ketika katanya ditambah.



  • Expansion.


Ketika katanya ditambah, it mengambil daerah dalam rentetan kata.



  • Contraction.


Kata tunggal menggantikan frase atau klausa.



  • Transformation.


Kalimat bisa berubah kedalam bentuk negative, pertanyaan, mood, tenses, suara, dll.



  • Integration.


Dua ungkapan menjadi satu.



  • Rejoinder.


Siswa akan menciptakan balasan yang sempurna terhadap ungkapan yang diberikan


Namun secara umum sanggup dibedakan menjadi dua jenis yaitu Repetition drill dan Subtitution drill.




Kelebihan Dan Kekurangan ALM ( Audio Lingual Method)




Kelebihan:



  • Para penerima didik dapat berbicara bahasa target komunikatif.

  • Pelajar telah tidak ada kesulitan untuk memahami pelajaran seperti itu dilakukan dalam bahasa ibu.

  • Pelajar mampu memberikan respon yang benar secara langsung.

  • Para penerima didik lebih kekhawatiran tentang kombinasi antara perilaku psikologi dan linguistik.


Kekurangan:



  • Membosankan bagi siswa yang sudah pintar, alasannya yakni cara metode ALM lebih banyak didominasi mengulangi kalimat.

  • Grammar skill tidak terlatih.

  • Kadang siswa galau alasannya yakni guru menjelaskan secara sederhana bukan secara detail.






Contoh Pengaplikasian ALM ( Audio Lingual Method)



  1. Repetition Drill


Teacher = I wake up in the morning


Student 1 = I wake up the morning


Teacher  = I watching TV  in the evening


Student 2 = Iwatching TV in the evening


Teacher = I sleep in the night


Student 3 = I sleep  in the night


 




2. Subtitution Drill




Teacher = Jolly is prety


Teacher = Smart


Student 1 = Jolly is smart


Teacher = In the kitchen


Student 2 = Jolly in in the kitchen


Teacher = Jolly and her mother


Student 3 = Jolly and her mother in the kitchen


 


Demikian itulah tadi klarifikasi mengenai ALM ( Audio Lingual Method) metode mengajar bahasa aneh yang efektif sanggup meningkatkan kemampuan berbahasa murid/ siswa. Semoga bermanfaat.


-Tetap semagat-





Advertisement

Iklan Sidebar

Adsense 728x90